Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Geografi Kelas X Tanah

Tanah adalah bagian dari lapisan kerak bumi yang terbentuk dari bahan mineral dan bahan organik. peran tanah sangat penting bagi makhluk hidup karena tanah medukung kehidupan tumbuhan yang menyediakan unsur hara dan air.

1.  Pernyataan
1) Banyak mengandung mineral
2) Daya Serap air Baik
3) Sirkulasi udara dalam tanah air
4) Selalu tergenang air
5) Terdapat di daerah pegunungan
Ciri tanah yang subur untuk pertanian adalah....
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 5
c. 2, 3, 4
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban: a. 1, 2, dan 3
Pembahasan: Tanah memiliki peran yang penting dalam menunjang proses pertumbuhan tanaman, Tanah memiliki peran sabagi tempat/ media tumbuhan untuk tumbuh. Tanah yang subur untuk pertanian diantaranya memiliki kandungan mineral yang banyak, ini merupakan sumber nutrisi bagi tumbuhan. Memiliki daya serap air yang baik, air memiliki peran dalam proses pertumbuhan tanaman. Serta memiliki sirkulasi udara yang baik (tanah bersifat gembur/ tidak padat dan keras  

2. Konservasi tanah dengan metode vegetative dapat dilakukan dengan cara....
a. Strip cropping dan crop rotation
b. Terrasering dan pembuatan cek dam
c. System sarjan dan pengapuran
d. Terrasering dan Pengapuran
e. Reboisasi dan Terrasering
Jawaban: A. Strip cropping dan crop rotation
Pembahasan: Penanaman menurut strip (strip cropping) adalah system pertanaman, dimana dalam satu bidang lahan ditanami tanaman dengan jarak tanam tertentu dan berselang-seling dengan jenis tanaman lainnya searah kontur. Misalnya penanaman jagung dalam satu strip searah kontur dengan lebar strip 3-5 m atau 5-10 mtergantung kemiringan lahan, di lereng bawahnya ditanam kacang tanah dengan sistem sama dengan penanaman jagung, strip rumput atau tanaman penutup tanah yang lain. Pergiliran tanaman (crop rotation) adalah sistem bercocok tanam dimana sebidang lahan ditanami dengan beberapa jenis tanaman secara bergantian. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk memutuskan siklus hama dan penyakit tanaman dan untuk meragamkan hasil tanaman. Pergantian tanaman ada yang dilakukan secara intensif dimana setelah panen tanaman pertama kemudian langsung ditanami tanaman kedua dan ada pula yang dibatasi.

3. Ciri-ciri tanah
1) Sebagian besar tanah berada dihutan rawa
2) Banyak mengandung Abu Vulkanik
3) Tanah Sangat Subur
4) Terjadi Akumulasi Bahan Organik
5) Mineral mudah lapuk dan kaya unsur hara

ciri tanah andosol di pulau jawa adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 5
d. 2, 4 dan 5
e. 3, 4 dan 5
Jawaban:  C. 2, 3 dan 5
Pembahasan:Tanah andosol adalah tanah yang berasal dari abu gunung api. Tanah andosol terdapat di lereng-lereng gunung api, seperti di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Halmahera, dan Minahasa. Vegetasi yang tumbuh di tanah andosol adalah vegetasi pada hutan hujan tropis, bambu, dan rumput.

4. Upaya pemulihan tanah
1) Terasering
2) Pemupukan
3) Penghijauan
4) Reboisasi
5) Pembuatan Cek Dam
6) Diversifikasi tanaman
Yang termasuk cara mekanik untuk mengurangi erosi adalah nomor....
a. 5 dan 6                                                  d. 1 dan 5                                
b. 3 dan 6                                                  e. 1 dan 2
c. 3 dan 4
Jawaban: D. 1 dan 5  
Pembahasan:Terasering atau sengkedan merupakan metode konservasi dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng, menahan air sehingga mengurangi kecepatan dan jumlah aliran permukaan, serta memperbesar peluang penyerapan air oleh tanah.
Tanggul penghambat atau cek dam adalah bendungan kecil dengan konstruksi sederhana (urugan tanah atau batu), dibuat pada alur jurang atau sungai kecil. Tanggul penghambat berfungsi untuk mengendalikan sedimen dan aliran permukaan yang berasal dari daerah tangkapan di sebelah atasnya.


5. Sebagian air hujan yang jatuh ke daratan akan meresap ke dalam tanah (Infiltrasi). Jumlah air yang meresap ke dalam tanah dipengaruhi juga oleh jenis lapisan batuan. jenis lapisan batuan yang sulit untuk meneruskan air adalah....
a. pasir                                                     d. Padas
b. Lempung                                             e. Kerikil
c. Kapur
Jawaban: B. Lempung
Pembahasan: Tanah liat atau lempung adalah partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 4 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminum adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi. Lempung membentuk gumpalan keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Sifat ini ditentukan oleh jenis mineral lempung yang mendominasinya. Mineral lempung digolongkan berdasarkan susunan lapisan oksida silikon dan oksida aluminium yang membentuk kristalnya. Golongan 1:1 memiliki lapisan satu oksida silikon dan satu oksida aluminium, sementara golongan 2:1 memiliki dua lapis golongan oksida silikon yang mengapit satu lapis oksida aluminium. Mineral lempung golongan 2:1 memiliki sifat elastis yang kuat, menyusut saat kering dan memuai saat basah. Karena perilaku inilah beberapa jenis tanah dapat membentuk kerutan-kerutan atau "pecah-pecah" bila kering.

6. Unsur iklim yang paling berperan dalam proses pembentukan tanah adalah....
a. suhu udara dan curah hujan
b. suhu udara dan tekanan udara
c. Kelembaban udara dan angin
d. Suhu udara dan ketinggian tempat
e. curah hujan dan ketinggian tempat
Jawaban: A. Suhu udara dan curah hujan
Pembahasan: Unsur-unsur iklim yang mempengaruhi proses pembentukan tanah terutama ada dua, yaitu suhu dan curah hujan. 
Suhu/Temperatur Suhu akan berpengaruh terhadap proses pelapukan bahan induk. Apabila suhu tinggi, maka proses pelapukan akan berlangsung cepat sehingga pembentukan tanah akan cepat pula.
Curah hujan,Curah hujan akan berpengaruh terhadap kekuatan erosi dan pencucian tanah, sedangkan pencucian tanah yang cepat menyebabkan tanah menjadi asam (pH tanah menjadi rendah).

7. Salah satu upaya untuk menigkatkan kesuburan tanah adalah melalui
a. Penghijauan
b. pemupukan
c. reboisasi
d. Rehabilitasi
e. Pergiliran tanaman
Jawaban: B. Pemupukan
Pembahasan: Pemupukan merupakan salah satu usaha pengelolaan kesuburan tanah. Dengan mengandalkan sediaan hara dari tanah asli saja, tanpa penambahan hara, produk pertanian akan semakin merosot. Hal ini disebabkan ketimpangan antara pasokan hara dan kebutuhan tanaman. Hara dalam tanah secara berangsur-angsur akan berkurang karena terangkut bersama hasil panen, pelindian, air limpasan permukaan, erosi atau penguapan. Pengelolaan hara terpadu antara pemberian pupuk dan pembenah akan meningkatkan efektivitas penyediaan hara, serta menjaga mutu tanah agar tetap berfungsi secara lestari.

8. Tanah yang sebagian besar bahan induknya dari bahan pepohonan terendam di rawa-rawa dinamakan dengan ....
a. Tanah Organik
b. Tanah Gambut
c. Tanah Asam
d. Tanah Basa
e. Tanah Vulkanik
Jawaban: B. Tanah Gambut
Pembahasan: Tanah Gambut terbentuk tatkala bagian-bagian tumbuhan yang luruh terhambat pembusukannya, biasanya di lahan-lahan berawa, karena kadar keasaman yang tinggi atau kondisi anaerob di perairan setempat. Tidak mengherankan jika sebagian besar tanah gambut tersusun dari serpih dan kepingan sisa tumbuhan, daun, ranting, pepagan, bahkan kayu-kayu besar, yang belum sepenuhnya membusuk.

9.  Faktor iklim yang mempengaruhi proses pembentukan tanah antara pulau di Indonesia adalah....
a. Awan dan Tekanan Udara
b. Suhu Udara dan Curah hujan
c. Tekanan Udara dan Curah hujan
d. Curah hujan dan Tekanan udara
e. Angin dan Kelembaban Udara
Jawaban: B. Suhu Udara dan Curah Hujan
Pembahasan: Unsur-unsur iklim yang mempengaruhi proses pembentukan tanah terutama ada dua, yaitu suhu dan curah hujan. 
Suhu/Temperatur Suhu akan berpengaruh terhadap proses pelapukan bahan induk. Apabila suhu tinggi, maka proses pelapukan akan berlangsung cepat sehingga pembentukan tanah akan cepat pula.
Curah hujan,Curah hujan akan berpengaruh terhadap kekuatan erosi dan pencucian tanah, sedangkan pencucian tanah yang cepat menyebabkan tanah menjadi asam (pH tanah menjadi rendah).

10. Tindakan yang menunjukkan upaya menjaga kesuburan tanah di daerah miring adalah....
a. Pembuatan terasering  dan penggunaan pupuk kompos
b. Pemberian pupuk dan pembuatan saluran
c. Penanaman tanaman kertas dan sayuran
d. Pemberian pupuk kapur dan pemberian tanggul
e. penggunaan pestisida dan penanaman tumbuhan
Jawaban: A. Pembuatan terasering  dan Penggunaan pupuk kompos
Pembahasan: Terasering atau sengkedan merupakan metode konservasi dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng, menahan air sehingga mengurangi kecepatan dan jumlah aliran permukaan, serta memperbesar peluang penyerapan air oleh tanah.
Pupuk Kompos dibuat dari proses pembusukan sisa-sisa bahan organik seperti tanaman maupun hewan.

JIka terdapat kesalahan atas jawaban Dapat disampaikan pada kolom komentar
Terima Kasih

Post a Comment for "Soal Geografi Kelas X Tanah"