Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Sejarah Kelas X Kerajaan Islam di Indonesia

Kejayaan kerajaan Islam di Indonesia terjadi pada abad ke-13 hingga abad ke-16, berkembangnya kerajaan-kerjaan tersebut karena masuknya pengaruh Islam yang datang dari pedagang-pedangan Islam dari Arab, India, Persia dan Tiongkok, yang berbaur dengan masyarakat setempat.

 
1. Raja Makassar yang terkenal adalah ....
a. Sultan Trenggono
b. Sultan Ageng Tirtayasa
c. Sultan Alaudin Syaid
d. Sultan Hasanuddin
e. Sultan Baabullah

Jawaban: D. Sultan Hasanuddin
Pembahasan: Sultan Hasanuddin lahir pada tanggal 12 Januari 1631 di Gowa Sulawesi Selatan. Beliau adalah Raja Gowa ke -16  dan merupakan pahlawan nasional Indonesia. Beliau terkenal akan keberaniannya dan dijuluki oleh Belanda Ayam Jantan dari Timur.

2. Kerjaan Islam terbesar di Kalimantan salah satunya adalah ....
a. Martapura
b. Indragiri
c. Siak
d. Aceh
e. Banjar

Jawaban: E. Banjar
Pembahasan: Kesultanan Banjar berdiri pada tahun 1520, tepatnya di kalimantan selatan, merupakan salah satu kerajaan islam terbesar yang pernah berdiri di kalimantan. Kerajaan banjar awal mula ber ibu kota di banjarmasin kemudian berpindah dan terakhir di kota martapura, kerajaan banjar merupakan penerus dari kerajaan Negara Daha yang merupakan keraan hindu yang berpusat di kota Negara.  selain kerajaan banjar di kalimantan terdapat pula Kerajaan islam yang pernah beridiri, yaitu  kerajaan Tanjungpura, Kerajaan Pontianak, Kerajaan Pasir, Kerajaan kusan, kerajaan pagatan dan masih banyak kerajaan lain. 

3. Kerajaan Banten mengalami kejayaan di bawah pimpinan raja ....
a. Amangkurat I
b. Sultan Ageng Tirtayasa
c. Sultan Hasanuddin
d. Maulana Yusuf
e. Fatahillah

Jawaban: B. Sultan Ageng Tirtayasa
Pembahasan: kerajaan Banten mencapai masa kejayaan pada masa kepemimpian Sultan Ageng Tirtayasa, Beliau lahir pada tahun 1631 di kesultanan Banten, ia merupakan sultan Banten yang ke-6, Ia naik tahta untuk menggantikan kakeknya. Sultan ageng tirtayasa sangat menolak kedatangan belanda ke banten karena belanda yang dijalankan VOC menerapkan sistem monopoli perdagangan yang merugikan kesultanan banten. Di bidangn ekonomi, Sultan Ageng Tirtayasa berusaha meningkatkan kesejahteraan rekyat dengan membuka sawah-sawah baru dan mengembangkan irigasi, ia juga mengangkat syekh Yusuf sebagai mufti kerajaan dan penasehat sultan.

4. Kerajaan mataram islam didirikan oleh ....
a. Sutawijaya
b. Hadiwijaya
c. Ki Ageng Pemanahan
d. Sultan Trenggono
e. Sultan Agung

Jawaban: A. Sutawijaya 
Pembahasan: Danang Sutawijaya adalah pendiri kerajaan Mataram sekaligus menjadi raja pertama dengan masa pemerintahan padi 1587-1601, Ia merupakan tokoh peletak dasar dari kesultanan Mataram.

5. Pendiri kerajaan demak adalah ....
a. Fatahillah
b. Aru palaka
c. Arya damar
d. Raden mas said
e. Raden Patah

Jawaban: E. Raden Patah
Pembahasan: Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah yang memerintah kerajaan Demak pada tahun 1500-1518, Kerajaan demak dulunya merupakan bagian dari Majapahit, kerajaan ini merupakan tonggak penyebaran Islam di nusantara. Raden Patah sendiri merupakan anak dari raja Brawijaya V.

6. Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun ....
a. 1515
b. 1511
c. 1115
d. 1155
e. 1555

Jawaban: B. 1511
Pembahasan: Pada April 1511, Afonso de Albuquerque berangkat dari Goa menuju malaka, dengan membawa kurang lebih 17 kapal, kedatangan portugis ke malaka tidak diterima dengan baik oleh sultan, sehingga terjadi konflik yang membuat malaka jatuh ke tangan portugis  pada 1511.

7. Kerajaan Perlak mengalami keruntuhan karena dikuasai oleh kerajaan ....
a. Sriwijaya
b. Demak
c. Samudera Pasai
d. Makassar
e. Banjar

Jawaban: C. Samudera Pasai
Pembahasan: Sultan terakhir Perlak, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan Berdaulat memerintah pada tahu 1230-1292, setelah beliau wafat, Kerajaan perlak disatukan dengan Kerajaan Samudera Pasai di bawah pemerintahan sultan Samudera Pasai, Sultan Muhammad Malik Al Zahir, puta Al Malik Al-Saleh.

8. Perlak adalah nama kerajaan Islam pertama di Indonesia terletak di ....
a. Sumatra selatan
b. Aceh
c. Malaka
d. Banten
e. Jawa Tengah

Jawaban: B. Aceh
Pembahasan: Kesultanan Peureulak / Perlak adalah kerajaan Islam di Indonesia yang berkuasa di sekitar wilayah Peureulak, Aceh Timur, Aceh sekarang disebut-sebut antara tahun 840 sampai dengan tahun 1292.

9. Perjanjian Giyanti berdampak pada terpecahnya Kerajaan ....
a. Samudera Pasai
b. Mataram
c. Ternate
d. Aceh
e. Banjar

Jawaban: B. Mataram
Pembahasan: Perjanjian Giyanti adalah sebuah perjanjian antara VOC dan pihak kesultanan Mataram. Berdasarkan perjanjian ini, Wilayah Mataram dibagi menjadi dua, yaitu bagian timur sungai Opak yang dikuasai oleh Sunan Pakubuwana III berkedudukan disurakarta dan wilayah barat diserahkan pada Pangeran Mangkubumi sekaligus menjadi sultan.

10. Raja Perlak yang pertama adalah ....
a. Sultan Iskandar muda
b. Fatahillah
c. Sultan Aaudin Syaid Maulana
d. Sultan Agung
e. Sultan Baabullah

Jawaban: C. Sultan Aaudin Syaid Maulana
Pembahasan: Raja pertama Perlak adalah Sultan Alaiddin Maulana Abdul Aziz Shah, mendirikan kerajaan perlak pada 1 Muharram 225h (840M).

Post a Comment for "Soal Sejarah Kelas X Kerajaan Islam di Indonesia"