CONTOH LAPORAN OBSERVASI KE SEKOLAH DASAR
Assalaualaikum.wr.wb
Observasi merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu secara langsung dan mendalam. Proses obesrvasi dapat dilakukan dengan memahami suatu objek dengan cara turun langsung kelapangan.
laporan observasi ini, untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia SD 1.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Bahasa Indonesia merupakan alat yang digunakan untuk
berkomunikasi, baik melalui lisan maupun tulisan. Ini adalah fungsi dasar
bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian bahasa
Indonesia memiliki dua kedudukan, yakni sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.
Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar
dalam pendidikan. Hal tersebut sejalan dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2009
Pasal 29 ayat (1) yang berbunyi sebagai berikut.“Bahasa Indonesia wajib
digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional”. Pendidikan di sebuah
Negara memerlukan sebuah bahasa yang seragam agar kelangsungan pendidikan tidak
terhambat atau terganggu. Karena pemakaian lebih dari satu bahasa dalam dunia
pendidikan akan mengganggu keefektifan pelaksanaan pendidikan. Mengingat fungsi
bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan. Sehingga dengan sebuah
keseragaman bahasa tersebut, diharapkan dapat menjadikan kegiatan pendidikan
berjalan dengan baik dan lancar. Maka dari itu, kami mengadakan observasi dan wawancara dengan
Guru kelas VI SD Negeri 1 Kelampaina Ilir untuk mengetahui fungsi bahasa Indonesia
sebagai bahasa pengantar pendidikan
dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
1.2.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
fungsi Bahasa Indonesia sebagai pengantar
dalam pendidikan?
2. Bagaimana metode mengajar yang di gunakan guru dalam
mengajar dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam
pendidikan ?
3. Bagaimana proses kegiatan belajar di dalam kelas dengan
menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan ?
4. Apakah
kesulitan yang dialami dalam mengajar dengan menggunakan bahasa Indonesia ?
5. Bagaimana
kemampuan peserta didik di kelas dalam berbahasa Indonesia?
6. Apakah
perlu menggunakan bahasa daerah dan bahasa Asing
dalam pembelajaran kepada peserta didik
?
1.3.
Tujuan
1. Memenuhi
tugas Bahasa Indonesia
2. Untuk Mengetahui proses kegiatan belajar di dalam kelas
dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan
3. Untuk Mengetahui fungsi
Bahasa Indonesia sebagai pengantar
dalam pendidikan
1.4.
Manfaat
Mengetahui fungsi Bahasa Indonesia
sebagai bahasa pengantar pendidikan
dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
1.5.
Metode
Dalam pelaksanaan observasi di SD Negeri 1 Kelampaian
Ilir, kami memproleh data sebagai bahan laporan observasi melalui metode observasi
langsung dan wawancara.
BAB II
HASIL OBSERVASI
2.1
Gambaran Objek
1. Identitas Guru ( Narasumber)
Nama Guru: Endang Surowati
NIP :
2. Pelaksanaan Observasi
Hari / Tanggal: Senin, 02 NOVEMBER 2015
Pukul : 11.00
WITA – 11.45 WITA
Tempat :
Kelas VI SDN 1 Kelampaian Ilir
2.2 Hasil
Observasi
Ibu
Endang Surowati berpendapat bahwa Bahasa
indonesia berperan sangat penting sebagai bahasa pengantar bagi guru dalam
menyampaikan materi kepada peserta didik,
terutama dalam menjelaskan karena pemakaian lebih dari satu bahasa akan
menggagu keefektifan dalam kegiatan belajar di kelas. Menurut beliau cara digunakan
adalah dengan memberikan penjelasan kepada peserta didik berulang kali, sambil
mengingatkan bahwa menggunakan bahasa indonesia itu sangat penting, guru juga menggunakan
cara belajar yang aktif dan mewajibkan menggunakan bahasa indonesia selama
dalam kegiatan belajar, tetapi dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik
masih kurang fasih dalam berbahasa Indonesia dan lebih sering menggunakan
bahasa daerah ini karena masih kurangnya pemahaman peserta didik dalam
berbahasa indonesia. Beliau juga berpendapat penggunaan bahasa daerah dan
bahasa asing juga perlu, tetapi dalam mata pelajaran khusus seperti dalam
pelajaran bahasa inggris,guru dapat mencontohkan cara pengucapan kata dalam
bahasa inggris serta mencontohkan beberapa kalimat dalam bahasa inggris. Beliau
juga mengatakan memotivasi peserta didik dalam pembelajaran supaya menggunakan
bahasa indonesia perlu, agar peserta didik termotivasi dan bersemangat dalam menggunakan
bahasa Indonesia.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari hasil observasi yang kami lakukan
dapat disimpulkan bahwa Bahasa indonesia
berperan sangat penting sebagai bahasa pengantar bagi guru dalam menyampaikan
materi kepada peserta didik, terutama
dalam menjelaskan,karena pemakaian lebih dari satu bahasa akan menggagu
keefektifan dalam kegiatan belajar di kelas. Memotivasi peserta didik dalam
pembelajaran supaya menggunakan bahasa indonesia perlu, agar peserta didik
termotivasi dan bersemangat dalam menggunakan bahasa indonesia.
3.2 Saran
Kegiatan
observasi di sekolah dasar merupakan suatu kegiatan yang bermanfaat, terutama
bagi kami mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar agar dapat mengetahui
bagaimana fungsi Bahasa
Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan di sekolah dasar, serta dapat mengetahui bagaimana guru
menggunakan Bahasa Indonesia dalam kegiatan belajar mengajar.
Mohon maaf bila masih banyak kekurangan, semoga contoh laporan observasi ini bermanfaat,
Terimakasih
Post a Comment for "CONTOH LAPORAN OBSERVASI KE SEKOLAH DASAR "
Gunakankanlah kata-kata yang bijak