Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH LAPORAN OBSERVASI KE SEKOLAH DASAR

CONTOH LAPORAN OBSERVASI  KE SD


Assalaualaikum.wr.wb


Observasi merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu secara langsung dan mendalam. Proses obesrvasi dapat dilakukan dengan memahami suatu objek dengan cara turun langsung kelapangan. 

laporan observasi ini, untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia SD 1. 





BAB I
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
Bahasa Indonesia merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi, baik melalui lisan maupun tulisan. Ini adalah fungsi dasar bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian bahasa Indonesia memiliki dua kedudukan, yakni sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.
Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan. Hal tersebut sejalan dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 Pasal 29 ayat (1) yang berbunyi sebagai berikut.“Bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional”. Pendidikan di sebuah Negara memerlukan sebuah bahasa yang seragam agar kelangsungan pendidikan tidak terhambat atau terganggu. Karena pemakaian lebih dari satu bahasa dalam dunia pendidikan akan mengganggu keefektifan pelaksanaan pendidikan. Mengingat fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan. Sehingga dengan sebuah keseragaman bahasa tersebut, diharapkan dapat menjadikan kegiatan pendidikan berjalan dengan baik dan lancar. Maka dari itu, kami mengadakan observasi dan wawancara dengan Guru kelas VI SD Negeri 1 Kelampaina Ilir untuk mengetahui fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.    
1.2.   Rumusan Masalah
1.      Bagaimana fungsi Bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam pendidikan?
2.     Bagaimana metode mengajar yang di gunakan guru dalam mengajar dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan ?
3.     Bagaimana proses kegiatan belajar di dalam kelas dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan ?
4.      Apakah kesulitan yang dialami dalam mengajar dengan menggunakan bahasa Indonesia ?
5.      Bagaimana kemampuan peserta didik di kelas dalam berbahasa Indonesia?
6.      Apakah perlu menggunakan bahasa daerah dan bahasa Asing dalam pembelajaran  kepada peserta didik ?
1.3.   Tujuan
1.      Memenuhi tugas Bahasa Indonesia
2.      Untuk Mengetahui proses kegiatan belajar di dalam kelas dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan
3.      Untuk Mengetahui fungsi Bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam pendidikan

1.4.   Manfaat
Mengetahui fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
1.5.   Metode
Dalam pelaksanaan observasi di SD Negeri 1 Kelampaian Ilir, kami memproleh data sebagai bahan laporan observasi melalui metode observasi langsung dan wawancara.


BAB II
HASIL OBSERVASI

2.1  Gambaran Objek
1.      Identitas Guru ( Narasumber)
Nama Guru: Endang Surowati
NIP           :
2.      Pelaksanaan Observasi     
Hari / Tanggal: Senin, 02 NOVEMBER 2015
Pukul               : 11.00 WITA – 11.45 WITA
Tempat            : Kelas VI SDN 1 Kelampaian Ilir
2.2  Hasil Observasi
Ibu Endang Surowati berpendapat bahwa Bahasa indonesia berperan sangat penting sebagai bahasa pengantar bagi guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, terutama dalam menjelaskan karena pemakaian lebih dari satu bahasa akan menggagu keefektifan dalam kegiatan belajar di kelas. Menurut beliau cara digunakan adalah dengan memberikan penjelasan kepada peserta didik berulang kali, sambil mengingatkan bahwa menggunakan bahasa indonesia itu sangat penting, guru juga menggunakan cara belajar yang aktif dan mewajibkan menggunakan bahasa indonesia selama dalam kegiatan belajar, tetapi dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik masih kurang fasih dalam berbahasa Indonesia dan lebih sering menggunakan bahasa daerah ini karena masih kurangnya pemahaman peserta didik dalam berbahasa indonesia. Beliau juga berpendapat penggunaan bahasa daerah dan bahasa asing juga perlu, tetapi dalam mata pelajaran khusus seperti dalam pelajaran bahasa inggris,guru dapat mencontohkan cara pengucapan kata dalam bahasa inggris serta mencontohkan beberapa kalimat dalam bahasa inggris. Beliau juga mengatakan memotivasi peserta didik dalam pembelajaran supaya menggunakan bahasa indonesia perlu, agar peserta didik termotivasi dan bersemangat dalam menggunakan bahasa Indonesia.


BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Dari hasil observasi yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa Bahasa indonesia berperan sangat penting sebagai bahasa pengantar bagi guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, terutama dalam menjelaskan,karena pemakaian lebih dari satu bahasa akan menggagu keefektifan dalam kegiatan belajar di kelas. Memotivasi peserta didik dalam pembelajaran supaya menggunakan bahasa indonesia perlu, agar peserta didik termotivasi dan bersemangat dalam menggunakan bahasa indonesia.
3.2  Saran
Kegiatan observasi di sekolah dasar merupakan suatu kegiatan yang bermanfaat, terutama bagi kami mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar agar dapat mengetahui bagaimana fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan di sekolah dasar, serta dapat mengetahui bagaimana guru menggunakan Bahasa Indonesia dalam kegiatan belajar mengajar.





 Mohon maaf bila masih banyak kekurangan, semoga contoh laporan observasi ini bermanfaat,
Terimakasih


 

Post a Comment for "CONTOH LAPORAN OBSERVASI KE SEKOLAH DASAR "