Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Selalu Berhemat Energi kelas 4 semester 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah           :
Tema/Sub Tema        : Selalu Berhemat Energi/ Macam-macam Sumber Energi (2)
Kelas/ Semester         : 4/Semester 1
Alokasi waktu            : 5 x35 menit
Hari/Tanggal             : ..../....
A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1     :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3     :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4     :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar :
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2       Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2       Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
¡   Menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
¡  Mempraktikkan teks instruksi tentang pembuatan kincir angin

IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7       Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari- hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator :
¡  Menjelaskan melalui tulisan laporan tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan.

SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4       Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
Indikator :
Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN.
·         Setelah memahami instruksi tertulis, siswa mampu membuat kicir angin sderhana mengunakan media kertas.
·         Dengan kegiatan membuat kincir angin, siswa mampu meningkatkan keterampilan menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertuli secara mandiri.
·         siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakankosa kata baku dengan benar.
D.    MATERI AJAR
·         Melakukan Percobaan Energi Angin
·         Berkreasi membuat kincir angin
·         Menulis laporan hasil percobaan


E.     STRATEGI PEMBELAJARAN
         Pendekatan        : Saintifik, Pjbl(Projek based learning)
         Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah.


F.     LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
PENDAHULUAN









a.       Mempersiapkan psikis dan fisik
b.      Mengajukan pertanyaan (apprsepsi).
c.       Menjelaskan tujuan atau KD
d.      Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.



10 menit






INTI

Melakukan Percobaan Energi Angin
¡   Sebagai kegiatan pembuka, siswa mengamati gambar kincir yang ada pada buku. (Mengamati)
¡   Siswa membuat perkiraan tentang kincir angin. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menjawab rumusan masalah tersebut dengan cara diskusi berpasangan bersama teman sebangku untuk menemukan jawabannya. (Menanya) dan (Mengekplorasi)
¡   Kegiatan ini untuk melatih keterampilan sains siswa dalam membuat “Hipotesa” (dugaan sementara) dari rumusan masalah. (Mengkomunikasikan)

Berkreasi membuat kincir angin dan kincir air
¡   Siswa keluar kelas dan melakukan percobaan menggunakan kincir tersebut. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menggerakan kincir angin dengan membawanya berlari atau ditiup.
¡   Siswa menggerakkan kincir air dengan cara mengucurkan air dari atas kincir, pastikan air jatuh tepat di atas baling-baling.
¡   Siswa mengamati proses percobaan hingga kincir bergerak berputar.
¡   Siswa mencocokkan jawaban sementara mereka di awal pembelajaran dengan hasil percobaan. (Mengasosiasi)
¡   Siswa menuliskan hasil percobaan seperti yang tertera pada buku. (Mengkomunikasikan)

Menulis laporan hasil percobaan
¡   Siswa mengomunikasikan proses pembuatan kincir kepada teman sebangkunya. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa diberi kesempatan untuk memasang kincir mereka di halaman sekolah dan mengamati saat kapan kincir tersebut berputar. (Mengekplorasi) dan (Mengamati)
¡   Siswa membaca artikel tentang energi air dan pompa air tenaga angin untuk menambah informasi. (Mengekplorasi)
150 menit
PENUTUP
a.       Merangkum                                        
b.      Melakukan penilaian/ refleksi
c.       Memberikan umpan balik
d.      Merencanakan tindak lanjut
e.       Menyampaikan rencana berikutnya.

15 menit


G.    Media/alat/Sumber Bahan:
a.       Media                    : Gambar pada buku, artikel pada buku.
b.      Alat                       : Kertas berbentuk persegi /origami (kertas warna, majalah/koran bekas), gelas plastik bekas, sumpit atau lidi, lem kertas, jarum/paku payung, gunting.
c.       Sumber Bahan :
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
H.    PENILAIAN
a.       Lembar  kerja dinilai dengan angka.
b.      Membuat Rubrik pembuatan kincir angin
c.       Penilaian hasil laporan
d.      Penilaian sikap
           
Mengetahui                                                                              Kota, ... November. ....
                                                                                                            Guru
Kepala SDN                                                                
                                                                                                                                   
                                                                                                            ............................................
...........................................                                                                 NIP.
NIP.

Lampiran
1.      Lembar  kerja yang dinilai dengan angka.
Lembar Kerja Siswa
Kerjakanlah soal dibawah ini dengan benar !
                                1.            Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir angin ?
                                2.            Bentuk energi apa yang dihasilkan oleh kincir ?
                                3.            Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir air ?
                                4.            Apa saja perbedaan dan persamaan kincir angin dan air ?
                                5.            Tuliskan lima manfaat kincir angin dan air dalam kehidupan sehari hari !

Jawaban :
                                                        1.            Energi Angin 
                                                        2.            Energi Gerak
                                                        3.            Energi Air
                                                        4.            Perbedaannya adalah sumber energi yang menggerakkannya, kincir angin di gerakkan oleh angin sedangkan kincir angin air digerakkan oleh air, persamaannya sama sama mengunakan energi gerak,
                                                        5.            Manfaat energi angin
§  Digunakan sebagai pompa air
§  Digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin
§  Digunakan Sebagai pembangkit listrik tenaga air
§  Digunkanan untuk mengalirkan air ke persawahan
§  Digunakan sebagai sebagai alat penggerak tradisional penggilinggan.

·         Setiap 1 soal bernilai 20
·         Standar ketuntasan 60
·         Total nilai soal 100


2.      Membuat Rubrik pembuatan kincir angin

Rubrik membuat kincir.
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih Kembali
Model kincir
Kincir berbentuk sesuai dengan instruksi dan dapat berputar dengan sempurna
(4) √
Kincir kurang sesuai dengan instruksi tetapi dapat berputar dengan sempurna
(3)
Kincir berbentuk sesuai dengan instruksi tetapi tidak dapat berputar dengan sempurna
(2)
Kincir tidak berbentuk sesuai instruksi dan tidak dapat berputar
(1)
Sikap (kemandirian dan ketertiban)
Tertib mengikuti instruksi, dan selesai tepat waktu serta mampu mendesain setiap bagian dengan mandiri
(4) √
Tertib mengikuti instruksi, dan selesai tepat waktu, tetapi dibimbing untuk mengerjakan beberapa bagian dari kincir.
(3)
Tertib mengikuti instruksi, dan selesai tepat waktu tetapi dibimbing untuk mengerjakan seluruh bagian kincir.
(2)
Tidak tertib tidak mandiri dan dibimbing untuk mengerjakan semua bagian.
(1)
Keterampilan mengkomunikasikan
hasil.
Penjelasan mudah difahami, pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(4) √
Penjelasan mudah difahami, pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia
baku.
(3)
Penjelasan kurang difahami, pemilihan beberapa kata sesuai/tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(2)
Penjelasan sulit difahami, pemilihan kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku
(1)
Catatan: Centang (P) pada bagian yang memenuhi kriteria.

3.      Penilaian hasil laporan
Kriteria penilaian siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku dalam pembuatan laporan.


4.      Penilaiann Sikap
NO
NAMA SISWA
ASPEK DISIPLIN
BT
T
ST
1




2




3




KETERANGAN :
BT : BELUM TERLIHAT
T : TERLIHAT
ST: SANGAT TERLIHAT
 
Instruksi pembuatan kincir angin

Sediakan bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat kincir sederhana adalah:
Kertas origami 10 X 10cm
Gunting
Jarum pentul
lidi
Lem
Cara Pembuatan Kincir Angin kertas
1.Gunakan selembar kertas origami persegi yang sudah anda persiapkan, lipat kertas membentuk diagonal. Tandai bagian tengahnya.
2.Berikutnya potong sepanjang empat baris sampai setengah menggunakan gunting. Sekarang, memegang selembar kertas di depan Anda dengan dasar garis lurus sejajar.
3.Ambil tepi kiri dari segitiga pertama dipotong dan menempatkannya di tengah kertas, dan kemiringan kertas dalam arah berlawanan jarum jam. Kemudian lagi tempat tepi kiri segitiga dipotong pada pusat, tumpang tindih pada tepi potongan pertama.
4 Tempatkan jarum pentol di tengah kertas, untuk memegang pola kincir bersama-sama. Lalu tekan ke kertas kincir ke tepi atas lidi,
5. Tambahkan sedikit potongan gabus diujung jarum pentul yng tajam
6. Bawa kincir angin ketempat berangin dan nikmatilah pertunjukannya

Post a Comment for "RPP Selalu Berhemat Energi kelas 4 semester 1"