RPP Selalu Berhemat Energi kelas 4 semester 1
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah :
Tema/Sub
Tema : Selalu Berhemat Energi/
Macam-macam Sumber Energi (2)
Kelas/
Semester : 4/Semester 1
Alokasi
waktu : 5 x35 menit
Hari/Tanggal : ..../....
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar :
3.1
Menggali informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
3.2
Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
¡ Menyajikan laporan hasil percobaan dan
pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari
¡ Mempraktikkan
teks instruksi tentang pembuatan kincir angin
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi
melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7
Menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari- hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator :
¡ Menjelaskan
melalui tulisan laporan tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam
kehidupan.
SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan
pengolahan media karya kreatif
4.4
Membentuk karya seni tiga dimensi
dari bahan alam
Indikator :
Mendesain
kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik
bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel
berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN.
·
Setelah memahami instruksi tertulis,
siswa mampu membuat kicir angin sderhana mengunakan media kertas.
·
Dengan kegiatan membuat kincir angin,
siswa mampu meningkatkan keterampilan menggunting, melipat, dan menempel
berdasarkan instruksi tertuli secara mandiri.
·
siswa mampu menyajikan laporan hasil
percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakankosa kata baku
dengan benar.
D.
MATERI AJAR
·
Melakukan
Percobaan Energi Angin
·
Berkreasi
membuat kincir angin
·
Menulis laporan
hasil percobaan
E.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik,
Pjbl(Projek based learning)
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah.
F.
LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
PENDAHULUAN
|
a.
Mempersiapkan psikis dan fisik
b.
Mengajukan pertanyaan (apprsepsi).
c.
Menjelaskan tujuan atau KD
d.
Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
|
10
menit
|
INTI
|
Melakukan Percobaan Energi Angin
¡ Sebagai
kegiatan pembuka, siswa mengamati gambar kincir yang ada pada buku. (Mengamati)
¡ Siswa membuat
perkiraan tentang kincir angin. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menjawab
rumusan masalah tersebut dengan cara diskusi berpasangan bersama teman
sebangku untuk menemukan jawabannya. (Menanya) dan (Mengekplorasi)
¡ Kegiatan ini
untuk melatih keterampilan sains siswa dalam membuat “Hipotesa” (dugaan
sementara) dari rumusan masalah. (Mengkomunikasikan)
Berkreasi membuat kincir angin dan kincir air
¡ Siswa keluar
kelas dan melakukan percobaan menggunakan kincir tersebut. (Mengekplorasi)
¡ Siswa
menggerakan kincir angin dengan membawanya berlari atau ditiup.
¡ Siswa menggerakkan
kincir air dengan cara mengucurkan air dari atas kincir, pastikan air jatuh
tepat di atas baling-baling.
¡ Siswa
mengamati proses percobaan hingga kincir bergerak berputar.
¡ Siswa
mencocokkan jawaban sementara mereka di awal pembelajaran dengan hasil percobaan. (Mengasosiasi)
¡ Siswa
menuliskan hasil percobaan seperti yang tertera pada buku. (Mengkomunikasikan)
Menulis laporan hasil percobaan
¡ Siswa
mengomunikasikan proses pembuatan kincir kepada teman sebangkunya.
(Mengkomunikasikan)
¡ Siswa diberi kesempatan
untuk memasang kincir mereka di halaman sekolah dan mengamati saat kapan
kincir tersebut berputar. (Mengekplorasi) dan (Mengamati)
¡
Siswa membaca artikel tentang energi air dan pompa
air tenaga angin untuk menambah informasi. (Mengekplorasi)
|
150
menit
|
PENUTUP
|
a.
Merangkum
b.
Melakukan penilaian/ refleksi
c.
Memberikan umpan balik
d.
Merencanakan tindak lanjut
e.
Menyampaikan rencana berikutnya.
|
15
menit
|
G.
Media/alat/Sumber
Bahan:
a. Media : Gambar pada buku, artikel
pada buku.
b.
Alat : Kertas berbentuk persegi
/origami (kertas warna, majalah/koran bekas), gelas plastik bekas, sumpit atau
lidi, lem kertas, jarum/paku payung, gunting.
c.
Sumber
Bahan :
§ Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
§ Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
H.
PENILAIAN
a.
Lembar kerja dinilai dengan angka.
b.
Membuat Rubrik pembuatan
kincir angin
c.
Penilaian
hasil laporan
d.
Penilaian sikap
Mengetahui Kota, ... November. ....
Guru
Kepala
SDN
............................................
........................................... NIP.
NIP.
Lampiran
1.
Lembar kerja yang
dinilai dengan angka.
Lembar
Kerja Siswa
Kerjakanlah soal
dibawah ini dengan benar !
1.
Sumber energi apa yang bisa menggerakkan
kincir angin ?
2.
Bentuk energi apa yang dihasilkan oleh
kincir ?
3.
Sumber energi apa yang bisa menggerakkan
kincir air ?
4.
Apa saja perbedaan dan persamaan kincir
angin dan air ?
5.
Tuliskan lima manfaat kincir angin dan
air dalam kehidupan sehari hari !
Jawaban
:
1.
Energi Angin
2.
Energi Gerak
3.
Energi Air
4.
Perbedaannya adalah sumber energi yang
menggerakkannya, kincir angin di gerakkan oleh angin sedangkan kincir angin air
digerakkan oleh air, persamaannya sama sama mengunakan energi gerak,
5.
Manfaat energi angin
§ Digunakan
sebagai pompa air
§ Digunakan
sebagai pembangkit listrik tenaga angin
§ Digunakan
Sebagai pembangkit listrik tenaga air
§ Digunkanan
untuk mengalirkan air ke persawahan
§ Digunakan
sebagai sebagai alat penggerak tradisional penggilinggan.
·
Setiap 1 soal bernilai 20
·
Standar ketuntasan 60
·
Total nilai soal 100
2.
Membuat Rubrik
pembuatan kincir angin
Rubrik membuat kincir.
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Kembali
|
Model kincir
|
Kincir berbentuk sesuai dengan instruksi dan dapat berputar dengan
sempurna
(4) √
|
Kincir kurang sesuai dengan instruksi tetapi dapat berputar dengan
sempurna
(3)
|
Kincir berbentuk sesuai dengan instruksi tetapi tidak dapat berputar
dengan sempurna
(2)
|
Kincir tidak berbentuk sesuai instruksi dan tidak dapat berputar
(1)
|
Sikap (kemandirian dan
ketertiban)
|
Tertib mengikuti
instruksi, dan selesai tepat waktu serta mampu mendesain setiap bagian dengan
mandiri
(4) √
|
Tertib mengikuti
instruksi, dan selesai tepat waktu, tetapi dibimbing untuk mengerjakan
beberapa bagian dari kincir.
(3)
|
Tertib mengikuti
instruksi, dan selesai tepat waktu tetapi dibimbing untuk mengerjakan seluruh
bagian kincir.
(2)
|
Tidak tertib tidak
mandiri dan dibimbing untuk mengerjakan semua bagian.
(1)
|
Keterampilan
mengkomunikasikan
hasil.
|
Penjelasan mudah
difahami, pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku.
(4) √
|
Penjelasan mudah
difahami, pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia
baku.
(3)
|
Penjelasan kurang
difahami, pemilihan beberapa kata sesuai/tidak sesuai dengan bahasa Indonesia
baku.
(2)
|
Penjelasan sulit
difahami, pemilihan kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku
(1)
|
Catatan: Centang (P) pada bagian yang memenuhi kriteria.
3.
Penilaian hasil
laporan
Kriteria
penilaian siswa mampu memilih dan memilah kosakata baku dalam pembuatan
laporan.
4.
Penilaiann Sikap
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK DISIPLIN
|
||
BT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
KETERANGAN :
BT : BELUM TERLIHAT
T : TERLIHAT
ST: SANGAT TERLIHAT
Instruksi
pembuatan kincir angin
Sediakan
bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat kincir sederhana
adalah:
Kertas origami 10 X 10cm
Gunting
Jarum pentul
lidi
Lem
Cara
Pembuatan Kincir Angin kertas
1.Gunakan selembar kertas origami persegi yang sudah
anda persiapkan, lipat kertas membentuk diagonal. Tandai bagian tengahnya.
2.Berikutnya potong sepanjang empat baris sampai
setengah menggunakan gunting. Sekarang, memegang selembar kertas di depan Anda
dengan dasar garis lurus sejajar.
3.Ambil tepi kiri dari segitiga pertama dipotong dan
menempatkannya di tengah kertas, dan kemiringan kertas dalam arah berlawanan
jarum jam. Kemudian lagi tempat tepi kiri segitiga dipotong pada pusat, tumpang
tindih pada tepi potongan pertama.
4 Tempatkan jarum pentol di tengah kertas, untuk
memegang pola kincir bersama-sama. Lalu tekan ke kertas kincir ke tepi atas
lidi,
5. Tambahkan sedikit potongan gabus diujung jarum
pentul yng tajam
6. Bawa kincir angin ketempat berangin dan
nikmatilah pertunjukannya
Post a Comment for "RPP Selalu Berhemat Energi kelas 4 semester 1"
Gunakankanlah kata-kata yang bijak